Selamat Datang di Blog Didik Harianto

Yang Terserak di Ujung Penaku…

(Mulai) Terbiasa dengan Deadline!

Posted by didikharianto pada Agustus 5, 2008

Aku lihat penunjuk waktu di ponselku menunjukkan pukul 01:58 ketika aku mulai menulis perjalanan kali ini. Waktu baru saja menunjukkan pergantian bulan dari Juli ke bulan berikutnya, ditemani sebungkus dingin dan lagu-lagu De Massiv…

Baiklah, kita mulai saja perjalanan kita kali ini. Menjadi wartawan adalah sebuah cita-cita yang telah kupupuk sejak aku mulai memasuki kerajaan Sastra Indonesia di kampus eks IKIP Malang ini. Dan, akhirnya semua akan tiba pada suatu hari yang biasa…

Beberapa detik yang lalu aku melihat isi flashdisk. Di situ ada folder “KORAN PENDIDIKAN”, di dalamnya ada folder lagi “edisi_215” sampai “edisi_220”, itu berarti aku telah turut andil dan beritaku dimuat di koran ini sebanyak enam edisi. Aku kemudian secara tidak sadar telah menggumam di dalam hati, “hahaha, ternyata aku sudah (mulai) terbiasa dengan deadline!”. Deadline yang merupakan sebuah kata emas, seringkali menjadi reminder yang sangat terasa bagi kehidupan seorang wartawan. Terkadang, kata deadline manjadi kata yang sangat nyaman didengarkan oleh telinga wartawan, atau bahkan bisa menjadi kata yang sangat menakutkan bagi pekerja jurnalistik tersebut.

Akhirnya, semua kembali ke manajerial waktu wartawan itu sendiri. Aku tidak mengambil contoh yang terlalu jauh dariku dan tidak ada maksud sama sekali untuk menyombongkan diri. Aku sekarang masih menempuh perkuliahan semester pendek 2007/2008. Aku mengambil tiga mata kuliah dengan beban 11 sks. Kuliahku sendiri biasanya dimulai pukul 07:30 sampai 14:00 yang paling sore. Beberapa waktu yang lalu memang sempat terasa sangat berat sekali, di samping harus kuliah, aku juga memiliki tanggung jawab di KORAN PENDIDIKAN, belum lagi tanggung jawab sebagai ketua sie kesekretariatan PKPT BEM FS UM 2008, kepala Humas dan Transportasi KBM BEM FS UM 2008, editor di majalah CERITA SEGALA RASA BEM FS UM 2008, kepala divisi Dana dan Usaha LPM SIAR UM 2008, dan juga sebagai creative manager di de tigabelas advertising yang akhir-akhir ini saat masa penerimaan mahasiswa baru sedang menagalami peningkatan orderan yang sangat luar biasa.

Tanpa merujuk ke satu bukupun, aku menerapkan sistem manajemen waktu ala diriku sendiri dengan beberapa pendekatan psikologis yang tentu saja hanya aku yang bisa memiliki dan menjalaninya. Sebisa mungkin, aku mendelegasikan beberapa pekerjaan ke anggotaku untuk kegiatan penerimaan mahasiswa baru di BEM FS, tentumya tidak lupa juga untuk mengawasi kinerja anggota di bawahku tersebut. Kemudian, aku juga menerapkan sistem “Sekali menarik gas motorku, dua tiga berita terdapatkan”. Ya, sebisa mungkin aku menargetkan dalam sekali liputanku ke Batu aku harus mendapatkan setidaknya dua berita. Tidak lupa, aku juga seringkali memanjakan psikologisku dengan beberapa sugesti yang tentunya benar-benar kulakukan. Seringkali jika aku merasakan benar-benar malas, maka aku akan menuruti segala kemalasanku tersebut, sambil duduk santai, ditemani lagu-lagu reggae, aku berbisik dalam hati, “sudah, kalau memang sedang malas, santai-santai sajalah dulu. Percuma, jika dipaksakan untuk liputan, toh nanti hasilnya juga tidak sesuai dengan yang diinginkan..”. Begitulah, aku mencoba menganakemaskan diriku sendiri.

Seperti itu, tidur nyenyak ya, semoga mimpi indah…

1 Agustus 2008, 02:26.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: